Sebuah Upacara Tradisional Masyarakat Gamping : BEKAKAK

Pada hari ini tanggal 21 januari 2011 di Gamping ada sebuah acara adat tradisioanl bekakak .

Setiap bulan Sapar yaitu bulan ke dua dalam penanggalan Jawa, masyarakat Ambar Ketawang, Gamping Sleman,Jogjakarta mempunyai tradisi perayaan Grebeg Bekakak. Tradisi itu muncul sejak zaman Sultan HB I itu diyakini warga setempat sebagai tradisi tolak bencana atau tolak bala .

bekakak ( pengantin perempuan)

bekakak ( pengantin perempuan)

 

bekakak laki-laki

bekakak laki-laki

Perayaan Grebeg Bekakak berupa parade boneka pengantin bekakak yang diarak dari wilayah Ambar Ketawang menuju sebuah Gunung Kapur yang jaraknya sekitar 600 meter dari lokasi upacara. Boneka-boneka yang terbuat dari beras ketan dan cairan gula kelapa tersebut kemudian dikorbankan sebagai sesaji.

Tradisi ini berawal dari dongeng legenda sepasang pengantin Ki Wiro Suta dan Nyi Wiro Suta yang gugur di Gunung Gamping pada saat sedang berperang melawan mahluk-mahluk jahat penunggu Gunung Kapur. Oleh karena itu, agar masyarakat sekitar selalu aman dan berlimpah rejeki, Sultan HB I memerintahkan agar setiap bulan Sapar masyarakat Gamping melakukan tradisi pengorbanan sesaji untuki mahluk-mahluk penunggu Gunung Kapur.

Perayaan Grebeg Bekakak diawali dengan pementasan fragmen tari legenda Ki Wirosuta dan Nyi Wirosuta saat berperang melawan siluman jahat dan dilanjutkan dengan kirab pengantin Bekakak dan Gunungan menuju Gunung Gamping. Pengantin dikawal pasukan berkuda, serta prajurit bertombak dari Kraton Yogyakarta dan arak-arakan seperti gendruwo dan ada banyak lainnya .

bekakak (gendruwo)

bekakak (gendruwo)

 

gunungan sayur (salahsatu arak"an)

gunungan sayur (salahsatu arak"an)

 

prajurit (salahsatu arak"an)

prajurit (salahsatu arak"an)

Sampai saat ini, Tradisi Bekakak, masih menjadi salah satu unggulan objek wisata Kabupaten Sleman yang menarik perhatian wisatawan lokal dan manca negara .

2 thoughts on “Sebuah Upacara Tradisional Masyarakat Gamping : BEKAKAK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s