Bolu Kukus

bolu kukus

bolu kukus

Bahan :

  • 2 telur + 1 kuning telur
  • 250 gr gula pasir
  • 15 gr ovalett (setengah kotak ovalett cap kupu-kupu yg kecil kemasan 30 gr)
  • 200 ml minuman bersoda (bisa  pakai sprite atau fanta)
  • 250 gr tepung terigu (ayak dulu ya..)
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sachet vanilli bubuk

Cara Membuat :

  1. Kocok telur dan gula pasir selama 15 menit (aku pakai hand mikser miyako yg standing, dikocok dgn kecepatan paling tinggi)
  2. Masukkan ovalett kocok lagi selama 10 menit (10 menit ini waktu yang sdh aku ukur pas kental dan mengembangnya adonan, jangan lebih ya nanti kalau kelamaan adonan jadi agak menurun sedikit kekentalannya dan jadinya ga mekar, sementara itu setelah memasukkan ovalett, jgn lupa langsung memanaskan dandang atau kukusan dengan api sedang aja lalu setelah 10 menit sebelum kelangkah berikutnya tambahkan apinya jadi besar sekali )
  3. Tambahkan minuman bersoda, kocok sebentar saja (!!) dgn mikser kecepatan rendah hanya supaya tercampur rata
  4. Terakhir masukkan campuran tepung terigu, vanili dan baking powder, kocok lagi sebentar dengan mikser kecepatan rendah hanya sampai tercampur rata * kalau pas memasukkan minuman bersoda dan tepung takut memakai mikser, aduk aja dengan spatula pakai tangan*
  5. Tuang ke loyang Bolu Kukus yang dialasi cup kertas, isi sampai penuh (tapi jangan luber) *untuk yg baru pertama mencoba ada baiknya jajal tanpa warna dulu atau minuman bersodanya fanta aja, krn kalau kita mewarnai adonan, adonan jadi sering diaduk-aduk, takutnya tidak mekar.
  6. Masukkan ke dandang (yang pasti sudah beruap banyak banget karena sudah dipanaskan dari tadi) jangan terlalu banyak memuat loyang ke dandang nanti ga mekar.

Selamat menikmati dan selamat mencoba :)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s